Perpanjang Passport Via Online

Seminggu terakhir ini saya baru saja mengurus perpanjangan passport. Setelah coba browsing bagaimana sistem dan mekanisme perpanjangan passport, saya menemukan bahwa sekarang kita sudah bisa mengurus passport via online (uhmm, penasaran juga apa bener pemerintahan Indonesia jadi semakin canggih dan rapih). Monggo cek perjalanan saya di bawah ini.

Pertama saya mendaftar dan membuat akun via website Direktorat Jenderal Imigrasi diĀ https://antrian.imigrasi.go.id/ klik Pendaftaran pada bagian kanan bawah. Perlu diperhatikan pada saat mendaftar atau pernah mendaftar tapi lupa kata sandi silahkan cek pada spam atau junk email karena email tidak langsung masuk pada primary inbox.

imigrasi buat pasport online

Begitu berhasil masuk akun langsung muncul tampilan seperti di bawah ini yaitu daftar pilihan kantor imigrasi di seluruh Indonesia (yes, this is super insufficient part so annoying). Semakin ribet dan nyusahin karena tidak ada pilihan kota langsung atau ketik di kotak search. Daftar kota / provinsi juga tidak berdasarkan urutan alfabet atau dari barat ke timur Indonesia jadi harus dilihat satu persatu.

imigrasi buat pasport online

Setelah memilih cabang imigrasi mana yang akan didatangi, akan muncul pilihan hari dan waktu pagi / siang untuk dipilih. Setiap akun / orang dapat membuat sampai 5 jumlah pemohon. Kemudian akan diminta nama lengkap serta nomor identitas diri untuk dilengkapi.

pembuatan passport online
Bila sudah selesai, akan muncul kode antrian pada tab “Daftar Pemohonan” di sebelah kiri. Klik nomor antrian dengan button berwarna biru untuk mendapatkan scan QR code yang kemudian bisa di print atau diperlihatkan via gadget pada saat ke kantor imigrasi.

imigrasi buat pasport online
Untuk perpanjang passport cukup membawa :
1. KTP
2. Passport lama
(fotokopi 1x masing-masing bisa di kantor imigrasi Rp 500
catatan untuk KTP jangan dipotong tapi seukuran kertas A4 saja fotocopy-nya)

Perlu diperhatikan bahwa kode antrian ini TIDAK menjadi bahwa kita akan langsung interview pada jam terjadwal TAPI hanya menjamin bahwa kita akan mendapatkan kuota antrian (dalam sehari imigrasi Jakarta Selatan berdasarkan info petugas imigrasi hanya menerima sampai 520 pemohon setiap harinya). Jadi meski kita seolah ditulis dapat jam 10:00 – 11:00 tetap saja kita akan ikut mengantri sesuai nomor urut pada saat datang (fyi, saya sampai 2 jam menunggu untung bawa laptop bisa sambil kerja). Bila sampai jam 12 siang belum dipanggil tenang saja karena antrian terus berjalan karena tidak ada jam istirahat petugas (curhatan petugas yang saya tanyain). Meski sudah lama nunggu tetap ramah dan senyum ya karena para petugas imigrasi sudah berusaha melayani dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat :)

Oiya bila passport ingin cepat selesai bisa langsung melunasi biaya sebesar Rp 655.000 di kantor BRI lantai bawah (bisa via atm tapi ribet cari infonya malesin) dan passport dapat diambil minimal 7 hari kerja setelah pembayaran diterima.

Anyway ini untuk biaya epassport kalau untuk passport biasa setengah harga.
bukti bayar passport

Tips untuk mengantri imigrasi :
1. Siapkan ipod / laptop / pad (lagu atau bahkan film durasi 1jam)
2. Ambil nomor antrian kemudian sarapan atau makan siang dulu 30-45 menit biar ga terlalu bosan
3. Sabar, sabar dan senyum kepada petugas :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>