Ini Cara Aku Menurunkan Berat Badan Dari Kepala 8 ke Kepala 6

transformasi annisa 2017 - 2018 slim and fit

 

Berat Badan Naik Drastis

Ketika hamil berat badan aku naik 30 kg ! Aku sendiri ga pernah menyangka akan naik sebesar itu padahal obgyn aku sudah memberikan peringatan jangan naik di atas 15 kg agar persalinan normal lancar. Dengan tinggi badan 175 cm, tipe badanku sendiri termasuk kecil 57 kg sebelum hamil.

Pasca melahirkan ternyata berat badanku hanya turun kurang dari 10 kg saja. Aku sempat merasa pasrah dengan ukuran badan masih terlihat hamil waktu itu. Ditambah kesibukan kerja dari pagi hingga lembur malam benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Pelarian aku waktu itu hanya makanan. Apalagi alasan pompa ASI banyak harus happy maka aku memberi excuse untuk tubuh makanan apa saja dari mulai makan siang di resto, meeting di kafe, jajan martabak hingga chatime.

Keadaan semakin memburuk ketika aku sendiri tidak meluangkan waktu untuk olahraga. Lingkungan juga seolah turut memanjakan dengan naik ojek, mobil, ada lift, eskalator alhasil badan tidak gerak sama sekali hanya kerja duduk depan layar saja.

Berat badan aku semakin tidak terkontrol hingga suatu hari jeans kesayangan aku paksa muat hingga robek. Ketika menimbang ternyata aku sudah mencapai kepala 8 saat itulah aku mulai memutuskan untuk bertobat.

Mulai Pola Hidup Sehat

Akhir tahun 2017 aku memutuskan untuk mulai pola hidup sehat dari mulai pilihan menu makanan harian hingga hidup lebih aktif dengan berolahraga. Motivasi aku sendiri karena aku merasa gampang lelah dan tidak fit seperti dulu. Selain karena banyak juga baju yang jadi tidak cukup ya hwehee…

Meski banyak sekali pola diet yang mulai ramai di tengah masyarakat dari mulai metode detox, paleo, diet karbo, hanya makan buah dan minum jus hingga yang ekstrim tidak makan sama sekali. Tapi apakah cara diet ini memang tepat dan cocok untuk tubuh kita ?

slim&fit pola makan
Bagi aku yang paling penting adalah tetap menjaga stamina dan daya tahan tubuh jangan sampai menyiksa diri sendiri apalagi sampai kekurangan asupan gizi seimbang dari mulai protein, serat, karbohidrat, vitamin dan mineral selama masih masa menyusui ini.

Selama 1 bulan pertama aku merubah total pola makan dengan konsep gizi seimbang. Dimulai dari tidak mengonsumsi gula sama sekali dan mengganti nasi dengan quinoa atau couscous yang lebih rendah kalori tapi lebih mengenyangkan.

Untuk protein hewani dan nabati dari daging sapi, ayam dan sayur-sayuran lebih banyak porsi yang aku konsumsi bahkan cemilan saja aku buat dari sayuran zukini. Tidak ada lagi yang namanya gorengan.

slim&fit pola makan
Untuk pemanis mulut aku membuat es krim sendiri dari organic cacao diblender dengan susu rendah lemak, frozen banana dan kacang hazelnut. Karena aku sendiri pecinta coklat maka aku buat sendiri lebih sehat dan alami tanpa gula dan pemanis buatan.

Tidak berasa hanya dalam waktu 1 bulan saja berat badan aku bisa turun sampai 5 kg dengan mengubah pola makan menjadi sehat kaya gizi. Aku baru mulai aktif berolahraga nge-gym dan berenang pada bulan ke-dua. Setelah hampir 6 bulan, berat badan aku bisa turun dari kepala 8 (kaya masih hamil) hingga kepala 6 (hampir balik gaya masih gadis).

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>