Ini Aplikasi Wajib Untuk Cari Handphone Hilang – Dan Mencegah Handphone Hilang !

Meski agak berat nulis ini karena baru seminggu kehilangan handphone (dan belum bisa move on), semoga melalui tulisan ini dapat membantu teman-teman untuk lebih waspada dan berhati-hati sebelum kejadian hilang seperti saya seperti sedia payung sebelum hujan.

Artikel ini khusus hanya membahas aplikasi Android saja (mohon maaf untuk Apple user).

Peringatan :
1. Pastikan handphone kamu tersambung (konek) dengan Google account
2. Pastikan ada paket data aktif dalam handphone kamu
3. Bila kamu baru sadar handphone hilang, tenang, jangan panik, jangan langsung telephone, tapi ikuti langkah dalam artikel berikut.

Wajar bila kita menjadi panik ketika menyadari bahwa handphone yang biasa kita bawa ke mana-mana tetiba hilang dari genggaman. Namun, kita tidak dapat berpikir jernih dan tenang saat panik sehingga ada baiknya tarik nafas, berdoa dan coba tenang dengan mengingat dimana terakhir meletakkannya.

Buka browser dan ketik Android Find dari Google website disini atau https://www.google.com/android/find kemudian login dengan akun Google kamu yang terhubung langsung dengan handphone kamu.

find my device Google

Setelah login kamu akan terkonek dengan handphone yang login menggunakan akun Google kamu. Bila batre handphone kamu masih ada dan koneksi internet handphone tersambung maka kamu dapat melihat lokasi dengan jelas dengan klik icon handphone pada sebelah kanan peta di atas. Kamu juga dapat melihat persentase power batre handphone kamu.

Pada bagian bawah handphone, terdapat 3 pilihan untuk menyalakan suara, mengamankan handphone dan terakhir menghapus data handphone. Opsi pertama Play Sound sangat disarankan untuk mendeteksi lokasi handphone karena bunyi handphone sangat keras (meski hp dalam silent mode) dibandingkan dengan menelvon langsung yang kemungkinan orang telah mengambil dan mematikan handphone.

Screen Shot 2018-11-24 at 14.55.53
Bila handphone kamu terdapat beberapa aplikasi perbankan atau data lainnya yang kamu rasa sangat penting dan pribadi, kamu dapat mengamankan seluruh isi handphone kamu dengan klik Secure Device. Kamu juga dapat mengunci layar handphone dengan menampilkan pesan bagi penemu handphone untuk menghubungi kamu.

Pilihan akhir ini bila kamu sudah pasrah dengan handphone kamu dan tidak ingin ada orang yang mengakses seluruh data di dalam handphone, satu-satunya jalan adalah dengan menghapus melalui klik Erase Device. Hanya saja perlu dicatat bahwa bila kamu melakukan ini maka kamu tidak dapat mengakses handphone kamu lagi karena sign out dari akun Google.

 

Screen Shot 2018-11-24 at 14.56.57

Sayangnya, saya baru kepikiran menggunakan Find My Device Google ini setelah 2-3 jam keliling mencari sehingga peluang handphone dicabut batre atau diformat ulang lebih tinggi dan lebih susah dicari. Semoga artikel ini bermanfaat ya :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>