Ini 3 Cara Sederhana Detox HP kamu di 2020

Di awal tahun 2020 ini seperti sudah menjadi tradisi untuk membuat resolusi tahun baru dari mulai menurunkan berat badan, menambah skill atau dengan beragam goal dan target lainnya yang kamu ingin capai di tahun baru ini.

Bagaimana dengan smartphone atau HP kamu sendiri ? Apakah kamu pernah berpikir kalau tidak hanya tubuh saja yang butuh detox tetapi handphone yang kamu gunakan bahkan dipeluk setiap malam tidur (sampai ditenteng-tenteng ke toilet, pokoknya seperti tidak bisa lepas sedetik saja) juga membutuhkan detox lho.

Tahu kah kamu kalau HP kamu merupakan produsen data utama yang menyebarkan data ke perusahaan, data brokers dan networks ? Langkah berikut akan membantu kamu untuk mulai detox HP agar kamu menjadi lebih paham dan waspada dengan penggunaan HP kamu selama ini.

1. Ganti nama handphone kamu sekarang.
Ketika pertama kali menggunakan handphone baru pasti secara tidak sadar kita akan otomatis menamai seluruh device dengan nama pribadi untuk setting wifi dan bluetooth seperti contoh Annisa’s iPhone. Well, hal ini seperti mengumumkan ‘eksistensi’ kamu di ranah publik yang dimana sebaiknya orang tidak perlu tahu kalau nama kamu Annisa lagi nongkrong ngopi di starbucks, kan.

Coba ganti nama wifi dan bluetooth kamu dengan tokoh kartun favourite kamu misal Cookie Monster. Terdengar lebih lucu (dan general) sehingga orang tidak akan bisa langsung menebak nama kamu.

Cara pengaturan (secara umum tergantung versi apa)  :
Android:
Settings >>> Wi-Fi >>> Menu >>> Advanced / More features >>> Wi-Fi Direct >>> Rename Device

iPhone:
Change phone name >>> Settings >>> General >>> About >>> Change the name

2. Hapus seluruh jejak browsing kamu.
Apa kamu terbiasa menggunakan Gogle Chrome untuk googling dari mulai wikipedia, gosip ter hits,  hingga tempat makan enak terdekat ? Bila iya, mulai sekarang kamu bisa ganti alternatif browsing kamu menggunakan incognito (privacy mode) atau dengan duckduckgo.com.

Buat kamu yang sudah terlanjur menggunakan Google Chrome, coba bersihkan seluruh data rekam jejak googling kamu selama ini. Kenapa perlu dihapus, karena browsing history kamu bisa menjadi referensi buat perusahaan untuk mencari tahu apa hobi kamu, pekerjaan kamu dan menjadi target sasaran empuk penjualan iklan atau scam.

Berikut cara membersihkan digital footprint kamu:
Android & iPhone:
Delete browsing history >>> open Google Chrome >>> menu >>> history >>> clear browsing data

3. Stop seluruh jejak lokasi kamu.
Ini bagian yang secara tidak sadar kalau kamu di ‘exposed’ oleh perusahaan tech dan data. Kenapa dengan mengetahui lokasi kamu merupakan hal krusial ? Karena dimana kamu sering menghabiskan waktu kamu dapat memberitahu banyak hal tentang bagaimana sehari-hari kamu dari mulai dimana kamu tinggal, apa dan dimana kamu kerja, hingga dimana kamu menghabiskan waktu hang out di saat weekend. Dengan kata lain, hal apa yang kamu suka dapat dengan mudah diidentifikasi dan (lagi-lagi) sering merasa dapat iklan yang sesuai (kayanya kenal dengan banget personal kamu?).

Caranya mudah sekali, bila kamu terbiasa menggunakan Google maps kemana saja kamu pergi, coba pilih bagian Settings pada pilihan menu ujung kiri atas. Kemudian pilih offline maps settings. Kemudian turn off semua pilihan. Jangan lupa di sign out ya.

Kamu juga perlu mengatur permission management untuk setiap aplikasi yang digunakan di hp supaya tidak otomatis mendeteksi lokasi kamu. Caranya dengan pilih menu Setting di hp kamu kemudian pilih more settings dan permission management.

Oiya, sebagai catatan tambahan jangan lupa untuk tidak menggunakan nama lengkap kamu di social media (Facebook, Instagram, Linkedin, Whatsapp, dll) dan juga di aplikasi apa pun yang kamu install di hp dan gunakan paling sering seperti aplikasi ride-sharing gojek dan grab. Sebisa mungkin minimalisir publikasi privacy kamu agar tidak disalah gunakan ya :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>