Girls, Ini Alasan Kenapa Harus Mulai Membuat Startup

a day in life startup corporate

Perkembangan startup di Indonesia dimulai ketika pertama kalinya Koprol dibeli oleh Yahoo pada tahun 2010. Istilah startup sebenarnya memiliki makna SME (Small Medium Enterprise) atau UKM (Usaha Kecil Menengah) namun seiring berkembangnya pengguna internet  dan fenomena buble dot com, istilah startup merujuk pada teknologi website dan mobile application.

Startup biasanya merupakan perusahaan yang usia kurang dari 3 tahun, memiliki karyawan kurang dari 20 orang, dan masih dalam tahap pengembangan. Total pendapatan setahun kurang dari $ 100.000 dan produk yang dibuat dalam bentuk digital berupa website atau mobile apps.

Selama 2 tahun belakangan berkecimpung di dunia startup, saya ingin mendorong lebih banyak perempuan agar terjun dan menjadi bagian dari komunitas perusahaan digital karena :

1. Lebih dihargai sebagai perempuan
Industri teknologi masih didominasi cowo dan kita sebagai perempuan perlu turut mengambil peran dari perkembangan perusahaan internet. Teknologi terkesan untuk pria saja padahal programmer pertama di dunia adalah perempuan bernama Grace Hopper. Bila kamu mendirikan startup sendiri, orang akan lebih menghargai kamu karena masih sedikit perempuan mendirikan startup sendiri.

2. Dituntut kreatif dan dinamis
Perkembangan dunia teknologi yang kian pesat menuntut kamu untuk kreatif setiap harinya. Membuat startup sendiri merupakan perjalanan panjang dari kehidupan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan. Para founder dan co-founder startup biasanya merupakan orang yang cerdas dan senang belajar.

3. Waktu fleksibel
Menjalankan bison’s online, kamu memiliki waktu fleksibel yang tidak hanya bergantung pada jam kerja kantor. Bila kamu merasa stuck dengan pekerjaan kantor 9-5 yang monoton, coba membuat startup sendiri dapat menjadi pilihan. Bebasjam kerja bukan berarti bisa seenaknya lho, justru kamu harus siap-siap mengorbankan waktu main dan bekerja lebih keras.

4. Challenge diri sendiri untuk membangun perusahaan sendiri
Bila bekerja di perusahaan job description dan KPI kamu sudah ditentukan, di startup kamu harus menentukan sendiri apa pekerjaan yang harus kamu lakukan dan apa goal yang harus dicapai. Untuk kamu yang menyukai tantangan dan tidak bisa berpangku tangan saja, startup sangat cocok karena persaingan dan perkembangan yang dinamis.

5. Sebelum market bangsa diambil alih orang asing
Keinginan pertama kali membuat job portal muncul ketika menyadari bahwa market dunia kerja dalam negeri dikuasai oleh asing. Sebut saja berbagai job portal terbesar yang gencar menyerbu pasar bangsa sendiri dari mulai big corporate hingga startup yang baru mendapatkan funding mengincar user Indonesia yang sangat besar. Sebelum membiarkan orang asing menikmatinya, mari kita buat produk asli dalam negeri.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>