Flippa, tempat jual beli website

Kalau jual beli barang online sudah biasa. Sebut saja berbagai market place seperti Tokopedia, BukaLapak dan Kaskus kita dapat mencari dan menjual barang dengan cepat dan mudah. Kalau jual beli website baru luar biasa. Beli website disini bukan berarti sekedar membeli domain seperti di GoDaddy, melainkan termasuk seluruh aset digital dari mulai traffic, social media, database hingga script.

Flippa menjadi tempat jual beli website no.1 di dunia. Awalnya Flippa bernama SitePoint MarketPlace pada tahun 2005. Kemudian berubah nama menjadi Flippa pada tahun Juni 2009. Flippa memiliki 90.000 users terdaftar yang jual dan beli website di Flippa. Terdapat lebih dari 1.000 transaksi setiap menit. Flippa menduduki posisi 1.000 di Alexa.

                                                              Tampilan homepage Flippa
apa itu Flippa

Di Flippa, kita tidak hanya bisa jual beli website tetapi juga termasuk mobile application. Sistem jual beli di Flippa berupa bidding auction dalam jangka waktu tertentu. Harga yang dijual pun beragam dari terendah $1 hingga $50.000 juga ada. Pada tampilan tabel akan terlihat harga jual (Price) yang ditawarkan seller, jumah orang yang tertarik dan memasang harga untuk membeli (Bids) dan masa akhir penjualan (Ending).

Flippa

Darimana menentukan harga jual ?
Bagaimana kamu menentukan harga jual tergantung dari beberapa faktor seperti :

1. Nama Domain

Nama domain yang dijual di Flippa biasanya merupakan unik dan merupakan keyword dalam Google Search Engine. Kenapa hal ini penting ? Semakin bagus dan mudah diingat, nama domain memiliki value semakin tinggi.

2. Traffic (Analytics)
Paling penting cek traffic unique monthly visitors dan unique monthly page view di Google Analytics. Semakin tinggi traffic kamu (hingga jutaan ke atas), semakin tinggi harga jual. Tuliskan juga Google Page Rank dan Alexa Rank.

3. Revenue (Financials)
Nah, ini salah satu faktor penentu juga untuk calon pembeli melihat apakah website sudah monetize atau belum. Bila sudah, jelaskan dari sumber penghasilan, apakah Adsense, Ad Sales, Subcription dll.

Mau coba bisnis jual beli website ? :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

2 thoughts on “Flippa, tempat jual beli website

    • admin says:

      Hi Clarissa,

      Kamu bisa beli domain di provider hosting seperti https://idwebhost.com. Pertama kamu harus cek apa nama domain yang kamu inginkan masih available atau ga. Biasanya satu paket beli domain + hosting. Harganya variasi tergantung pilihan paket yang kamu inginkan. Dibandingkan dengan menggunakan blog wordpress memang lebih menguras kantong. Kalau dari segi SEO ga terlalu berpengaruh kok. Keuntungannya lebih mudah diingat aja dengan domain .com :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>