Cek Fakta atau Hoax Dulu Sebelum Baca Berita Yuk !

Di era teknologi 4.0 sekarang ini, informasi dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Bahkan siapa saja dapat dengan mudah menyebarkan berita palsu atau hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Apakah kamu sering menerima broadcast message di group whatsapp dan bingung mana berita yang dapat dipercaya atau tidak. Semakin banyak kamu join di group atau komunitas maka akan semakin banyak informasi yang kamu terima.

Bila berita yang di share tidak memiliki sumber yang jelas, hanya berupa foto atau video, yang bersifat provokasi, kamu tidak perlu mempercayai apalagi membacanya. Kamu dapat dengan mudah mengatur handphone agar tidak otomatis install foto dan video.

ini cara deteksi berita hoaks hoax atau berita benar

Cara mengetahui apakah sumber berita tersebut dapat dipercaya dapat dilihat dari beberapa hal meliputi sumber original berita apakah dari website terkemuka, berapa banyak pengunjung website tersebut dan siapa penulis berita tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat dari pilihan kata yang ditulis dari headline news yang sengaja memprovokasi dengan kata pengantar yang terlihat hiperbola (berlebihan).

Jika kamu mendapatkan link (tautan) berita yang dibagikan melalui whatsapp, kamu dapat mengecek terlebih dahulu di website FakeNewsDetector sebelum memutuskan untuk membacanya.

Caranya cukup mudah, kamu cukup klik http://fakenewsai.com kemudian copy paste artikel yang ingin kamu cek akurasi beritanya. Bila berita tersebut hanya hoax semata maka tampilan warna website akan berubah menjadi merah. Sebaliknya, bila sumber berita adalah fakta dan dapat dipercaya maka warna homepage akan tetap berwarna hijau.

ini cara deteksi berita hoaks hoax atau berita benar

Gimana cukup mudah kan untuk megetahui apakah sumber berita yang ingin kita baca merupakan real atau hoax semata. Sebelum kita ikut terprovokasi dan menyebarluaskan, kita dapat mengecek terlebih dahulu.

Yuk jadi smart netizen dengan menyaring informasi yang akurat dan dapat dipercaya :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>