Belajar Coding Tanpa Pusing

Selama hampir sebulan terakhir ini aku jarang update social media dan juga blog, jujur aja bahkan megang hp untuk sekedar membaca dan membalas WA juga ga sempet. Lah jadi sibuk ngapain aja dong belakangan ini ? Aku belajar coding.

Semenjak awal mengenal dunia startup, dan punya ide membuat Student Job, aku selalu ingin belajar coding. Meski background kuliah bertolak belakang ya, tidak ada hubungan sama sekali dengan teknologi, tapi selama sekolah dulu memang suka dan sering ikut lomba matematika dan sains.

Lucunya, pekerjaan aku dari dulu tidak pernah terlepas dengan industri teknologi bahkan sampai menjadi digital analyst (otodidak belajar digital marketing sampai SEO-SEM), mulai ngeblog hingga kini fokus mendalami python.

Di lain sisi karena sedang ada waktu kosong (baby Al sudah besar sudah disapih juga) dan sebenarnya berencana ingin kembali sekolah ketika balik ke Aussie, maka muncul lah tekad bulat harus bisa coding setahun ke depan.

Dari dulu aku cari sumber belajar untuk belajar coding belum ada yang pas. Banyak banget tempat belajar online bahkan tempat kursus (sampai jaminan kerja bayar puluhan juta) sekarang berjamuran dimana-mana tapi ya tetap saja rasanya belum ada yang pas di hati dan di kantong ya.

learn code the hard way zed shaw

 

Nah, sampai suatu hari baca artikel yang me-review tempat belajar coding yang direkomendasikan muncul LCTHW (Learn Code The Hard Way) dengan bahasa lugas, tegas, apa adanya tanpa sengaja di haluskan atau dibuat-buat membuat aku sangat cepat mengerti bahkan ketagihan sampai tidak bisa tidur bila belum selesai.

LCTHW ditulis oleh Zed Shaw lengkap dengan latihan (praktek inti belajar coding), video bahkan email support dan juga terdapat forum diskusi bila mengalami kesulitan. Jujur aja, aku menyelesaikan LPTHW (Learn Python The Hard Way) dalam waktu sekitar 3 minggu (dari pagi sampai malam bisa lebih dari 12 jam sehari termasuk sabtu dan mingu). Dari 0 yang ga tau apa-apa sama sekali (bahkan pakai linux dan install python aja ga ngerti sama sekali) sampai sekarang hampir sebulan buat proyek POS.

Zed Shaw juga menulis banyak buku lainnya selain python, seperti C, Javascript, SQL, Ruby dll. Aku sendiri merekomendasi sebagai pemula untuk belajar Python karena bahasanya yang simpel, sederhana dan mudah dipahami seperti bahasa tulisan sehari-hari biasanya. Biaya yang harus dikeluarkan sebesar $29.99 (atau hampir Rp 500.000) dengan garansi 60 hari uang kembali bila tidak suka dan dijamin kamu pasti akan ketagihan coding.

Harga yang diberandol sebesar itu cukup terjangkau dengan kualitas konten dan gaya mengajar yang berbeda dari biasanya. Sesuai dengan judulnya “Hard Way” terkadang cara sulit merupakan jalan mudah untuk memahami hal baru bukan sebaliknya.

Bila kamu ingin mencoba belajar coding tanpa pusing, silahkan coba akses berikut ini : https://learncodethehardway.org/

Tidak perlu takut bukan dari jurusan IT atau tidak memiliki latar belakang IT. Selama kita percaya diri sendiri, tahan banting dan sabar kuncinya pasti bisa belajar coding.

 

Happy coding :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>