Bagaimana Cara Verifikasi Google Webmaster Tools

Jadi kamu baru saja selesai membuat website dan memasukan tracking code di website wordpress kamu (baca artikel sebelumnya untuk mengetahui cara memasukan tracking code Google di website). Nah, langkah selanjutnya kamu perlu verifikasi website kamu di Google webmaster tools. Kenapa kamu perlu melakukan verifikasi ? Dengan verifikasi Google webmaster tools, website kamu menjadi lebih SEO friendly yang dimana peluang muncul di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) lebih tinggi.

Google webmaster tools sendiri merupakan alat yang memudahkan para blogger atau web developer untuk optimasi penggunaan website dari mulai pencarian kata kunci yang sesuai, link yang rusak hingga indeks. Ditambah lagi Google webmaster tools dilengkapi data mengenai impression dan Click Through Rate.

Ada beberapa cara verifikasi Google webmaster tools dari HTML upload file, HTML tag, domain name provider, Google Analytics, dan Google tag manager. Cara termudah yang akan saya beritahu sekarang dengan HTML tag.

1. Sign Google Account kamu melalui Google Webmaster Tools atau klik link berikut https://www.google.com/webmasters/ maka akan muncul tampilan halaman seperti ini.

sign in google webmaster tools

2. Klik kotak atau tombol merak pada bagian kanan atas Add A Site dan kemudian ketik nama website kamu yang ingin diverifikasi dengan Google Webmaster Tools.

cara verifikasi google webmaster tools

3. Pilih tab Alternate Methods dan klik HTML tag pada bagian paling atas.

langkah verifikasi google webmaster tools

4. Setelah klik pilihan HTML tag maka akan muncul script yang harus di copy pada website. Copy seluruh script yang muncul pada kotak dari mulai <meta … hingga />

html tag google webmaster tools

5. Buka tab baru dan log in website wordpress kamu. Klik bagian Editor pada Appearance. Kemudian pilih Header pada bagian kanan bawah.

dashboard wordpress verifikasi google webmaster tools

6. Salin script yang telah di copy sebelumnya pada halaman Header. Posisi script harus terletak setelah <head> dan sebelum </head> seperti pada contoh berikut.

verifikasi google webmaster tools cara

7. Kembali pada halaman Google webmaster tools dan klik tombol merah di bawah Verify. Yeah, kamu berhasil verifikasi website kamu dengan menggunakan Google webmaster tools.

verifikasi google webmaster tools berhasil

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

5 thoughts on “Bagaimana Cara Verifikasi Google Webmaster Tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>