Bagaimana Cara Menaruh Tracking Code Google Analytics di Website

Apakah kamu baru membuat website dan ingin mengetahui berapa banyak jumlah visit website kamu ? Google Analytics memberikan kita real time data yang dapat kita manfaatkan untuk mengidentifikasi demografis, behaviour, dan interest pengunjung website kita. Bagaimana cara agar data website kita dapat dibaca oleh Google Analytics ? Dengan mudah (dan gratis) kita hanya perlu memasukan tracking code Google Analytics ke page website kita. Panduan berikut hanya untuk pengguna wordpress. Selamat mencoba !

1. Sign In dengan menggunakan Google account kamu (bila belum punya, sangat disarankan untuk mulai membuatnya).
how to sign in google account

2. Setelah Sign In akan muncul seperti di bawah ini. Bila tidak, klik tab admin di ujung kanan atas maka akan muncul nama kamu sebagai administrasion dan nama account kamu.

admin page google analytics

3. Klik Create New Account untuk membuat akin Google Analytics baru dan mendaftarkan website kamu.

Create new account Google Analytics

4. Pilih website untuk memonitor data traffic website kita. Masukan nama akun, website dan url atau link yang datanya ingin dibaca oleh Google Analytics. Masukan kategori sesuai bidang website yang kamu buat. Bila hanya untuk sekedar hobi nulis, pilih Hobbies and Leisure. Kemudian pada bagian Reporting Time Zone, pilih Indonesia. Scroll down terus ke bawah hingga muncul tombol biru dengan pilihan Get Tracking ID untuk mendapat ID kamu.

Create new google analytics account

how to get tracking id google analytics

5. Kembali ke tab admin, pilih pada bagian property di tengah dan klik tracking code. Tracking code ini yang memiliki fungsi untuk membaca data visitors website kamu. 

property setting to set up google analytics
6. Setelah klik tracking code, maka akan muncul tampilan tracking ID dan tracking code dengan detail dari <script> … </script>. Script ini yang perlu kamu copy dan input ke dalam website wordpress kamu,

Copy Tracking Code Google Analytics

7. Pada tab komputer lain, Sign In wordpress kamu dan pilih bagian Appearance dan klik Widgets. Perhatikan bagian Main Sidebar akan muncul 4 baris menu dan klik pada bagian bawah Text.

put tracking code in wordpress widget

8. Salin seluruh script tracking code ID tersebut ke dalam kotak di bawah Text. Yeah, website kamu telah berhasil diintegrasikan tracking code ID Google Analytics dan dapat mulai dibaca data visitors.

copy tracking code in wordpress homepage

Untuk membuktikan apakah kamu berhasil menginput dengan benar atau tidak, kamu kembali Sign In ke Google Analytics dan lihat apakah muncul jumlah session website. Untuk detail mengenai Google Analytics dapat kamu pelajari dengan mudah (dan gratis) dengan guideline video serta FAQ yang lengkap. Salah satu menfaat mengimplementasikan tracking code Google Analytics adalah kamu dapat mengidentifikasi artikel page mana yang memberikan traffic paling tinggi dengan interest terbesar sehingga kamu dapat memaksimalkan tema atau konten untuk website dan terus meningkatkan konten menariknya agar pengunjung website kamu semakin meningkat.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

One thought on “Bagaimana Cara Menaruh Tracking Code Google Analytics di Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>