Apa itu SEO ? Memahami SEO Dalam 10 Menit

Bila kamu sering menggunakan Google atau googling maka kamu akan dengan mudah memahami apa itu SEO. Pada saat kamu googling maka terdapat ratusan ribu bahkan jutaan hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Link atau tautan website yang muncul pada halaman pertama merupakan hasil dari SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi hasil pencarian seperti contoh kata kunci ‘magang’ berikut :

apa itu SEO

Seperti contoh di atas, kata ‘magang’ pada posisi teratas pada halaman pertama diduduki oleh Student Job Indonesia (yes, bahkan mengalahkan kompetitor !). Setiap kali ada orang yang mencari ‘magang’ maka akan muncul web Student Job Indonesia sehingga jumlah visits ke website Student Job akan terus meningkat. Apalagi ini merupakan cara organik yang tidak berbayar namun membutuhkan ketekunan dan ketrampilan.

Untuk mendapatkan hasil pada halaman saja sudah lumayan ketat saingannya. Bayangkan terdapat berapa ratus ribu website yang juga mengincar kata kunci yang sama sehingga SEO memiliki value tinggi dalam digital marketing.

Nah, sekarang bagaimana cara agar posisi website kita dapat berada di halaman pertama agar dapat menarik banyak pengunjung ? SEO itu ibarat mencari kerja, kenapa begitu ? Karena untuk mendapatkan kerja, kita membutuhkan CV atau resume, referensi dan kemudian terakhir wawancara.

apa itu seo
Agar kita mendapatkan pekerjaan maka kita membutuhkan resume yang relevan dengan persyaratan lowongan kerja apakah pendidikan, pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Begitu pula dengan SEO, agar website kita ditempatkan dalam halaman utama dalam Google Search, kita perlu menemukan kata kunci yang tepat dengan konten yang konsisten di website, struktur website yang baik dengan tampilan menarik dan proses loading yang cepat. Selain itu kita juga perlu rutin menulis konten yang bermanfaat bagi pembaca dengan deskripsi dan isi yang sesuai dengan judul agar Google juga dapat menilai website kita berkualitas. Dan nilai tambahan lain, bila terdapat website lain yang juga menyebutkan tentang website kita dengan kata kunci yang sesuai maka juga akan meningkatkan potensi untuk muncul pada halaman pertama. Hal ini seperti referensi dalam dunia kerja profesional, semakin tinggi jabatan orang yang merekomendasikan kita maka semakin besar peluang kita mendapatkan pekerjaan.

Berikut rangkuman 3 langkah dalam SEO : Search – Google – Click. Poin pertama : Search, dari mulai kebutuhan konsumen akan suatu produk atau jasa kemudian mereka mencari kata kunci sesuai kebutuhan tersebut dengan Google. Kemudian langkah selanjutnya : Google, hasil pencarian Google akan menampilkan hasil pencarian paling sesuai dengan kata kunci kamu dari  mulai ‘baju muslim’ sampai ‘kamera mirrorless’. Setelah muncul pada tahap terakhir : Click, kamu akan mengetik pilihan website (biasanya hanya 3 halaman utama). Bila website kamu berhasil menduduki halaman pertama, yeah, Congratz !

memahami seo

Bagaimana, kira-kira sudah mulai memahami apa itu SEO ? Artikel ini hanya berupa penjelasan umum mengenai apa itu SEO. Untuk tahap-tahap teknis detail akan dijelaskan pada artikel selanjutnya :)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>