Apa Itu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) ?

Apa itu GPN ?
GPN atau Gerakan Pembayaran Nasional merupakan program Bank Indonesia dengan tujuan interkoneksi antar switching dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional dimana arus perbankan dari berbagai transaksi dapat dilakukan antar bank tanpa adanya batasan yang terjadi selama ini. Bila selama ini transaksi via ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau mesin EDC (Electronic Data Capture) hanya dapat dilakukan melalui logo Visa atau Master Card, pada Juni 2018 ini akan terdapat 60 bank yang mengeluarkan kartu debit berlogo garuda.

Apa beda GPN dengan Visa atau Master Card ?
Karena GPN merupakan produk lokal maka otomatis hanya dapat digunakan di dalam negeri saja. Dengan logo GPN ini BI menetapkan biaya MDR (Merchant Discount Rate) hanya sebesar 1% saja. Hal ini lebih rendang dibandingkan dengan standard MDR berlogo Visa atau MasterCard sebelumnya bisa sebesar  2 – 3 %. MDR merupakan biaya yang dikenakan dari bank pengeluar mesin EDC kepada merchant atau pemilik bisnis kepada setiap konsumen bertransaksi.

Bagaimana cara mendapatkan kartu berlogo GPN ?
Bagi calon nasabah baru per Juni 2018 akan mendapatkan kartu debit atau emoney dengan logo GPN garuda. Bila yang sudah memiliki kartu sebelumnya masih tetap dapat digunakan seperti biasa tanpa adanya perubahaan. BI sendiri tidak memaksa bagi pengguna kartu debit yang telah memliki kartu sebelumnya untuk mengganti dengan logo GPN ini.

jenius logo gpn

Saya sendiri sudah memiliki kartu debit Jenius dengan logo GPN. Dengan memiliki kartu logo GPN ini secara langsung kita dapat membantu perekonomian nasional agar uang yang selama ini ‘diputar’ langsung masuk di negeri sendiri tidak perlu ‘mental numpang’ ke luar negeri dulu. Semenjak GPN keluar ini Visa dan MasterCard pasti lagi kebakaran jenggot dan mengemis agar bisa balik ya :p

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>